Share It

Senin, 17 September 2012

Pengertian & Tujuan Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar January 6, 2011 Leave a comment · Pengertian ISD (Ilmu Sosial Dasar) Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah social, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang ilmu pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social (seperti geografi social, sosiologi, antropologi social, ilmu politik, ekonomi, psikologi social, dan sejarah). · Tujuan ISD (Ilmu Sosial Dasar) a. Tujuan umum diselenggarakannya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar ialah pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya, khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan social dapat dipertajam. b. Tujuan khusus: 1). Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan social dan masalah-maslah social yang ada dalam masyarakat. 2). Peka terhadap masalah-maslah social dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya. 3). Menyadari bahwa setiap masalah social yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya). 4). Memahami jalan pikiran para ahli dalalm bidang ilmu pengetahuan lalin dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalalm rangka penanggulangan maslah social yang timbul dalam masyarakat. · Ruang lingkup Materi ISD (Ilmu Sosial Dasar) Adapun ruang lingkup materi Ilmu Sosial Dasar adalah: a. Kenyataan-kenyataan social yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan maslah social tertentu. Kenyataan-kenyataan social tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu social. Karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya b. Konsep-konsep social atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan social dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukakn untuk mempelajari masalah-masalah social. Sebagai contoh dari konsep dasar semacam ini misalnya konsep keanekaragaman, dan konsep kesatuan social. Bertolak dari kedia konsep tersebut diatas, maka dapat kita pahami dan sadari di dalam masyarakat selalu terdapat: 1). Persamaan dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah laku baik secara individual maupu kelompok. 2). Persamaan dan perbedaan kepentingan. Persamaan dan perbedaan itulah yang seringkali menyebabkan timbulnya konflik, kerjasama, kesetiakawanan antar individu dan golongan. c. Masalah-masalah social yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan social yang antara satu dengan yang lainnya salaing berkaitan.

15 Februari 2010

Pengertian dan Ruang Lingkup ISD & IBD

IBD (Ilmu budaya dasar) adalah sebuah cabang ilmu yang membahas dengan ruang lingkup suatu budaya yang ada di berbagai belahan dunia. sedangkan ISD (Ilmu sosial dasar) adalah sebuah cabag ilmu yang berada pada ruang ingkup sosial.

Ketika kita membahas kedua permasalahan dari kedua cabang ilmu tersebut, maka kita akan dihadapkan pada suatu integrasi yang saling berkesinambungan satu sama lain. Sebagai contoh misalnya kita membahas sebuah acara yanga mengarah pada budaya yaitu NGABEN. Jika kita lihat dalam peristiwa ngaben adalah sebuah adat yang sudah lama dilakukan yang merupakan sebuah budaya. Akan tetapi bila kita melihat dari sisi lain, maka kita juga merasakan akan peristiwa sosial yang sarat akan nilai budaya. Jadi menurut paradigma saya IBD dan ISD adalah suatu kesatuan yang saling terhubung satu sama lain.

Pada dasarnya antara IBD dan ISD mempunyai ruang lingkup masing-masing karena memang pokok pembahasan yang diambil dalam ilmu tersebut bebeda-beda.

1.Ruang lingkup IBD
Secara pengertian yang terkandung dalam IBD adalah sebuah pembahasan yang mengambil sebuah latar belakang dari budaya lokal maupun mancanegara pada umumnya.
2.Ruang lingkup ISD
Secara makna yang terkandung dalam pengertian ISD maka sudah jelas bahwa ruang kingkup yang ada dalam ilmu ini selalu mengarah pada kehidupan sosial yang ada di lingkungan bebeda.
Ada beberapa Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan dalam IBD dan ISD adalah :
1.Manusia dan cinta kasih
2.Manusia dan Keindahan
3.Manusia dan Penderitaan
4.Manusia dan Keadilan
5.Manusia dan Pandangan hidup
6.Manusia dan tanggungjawab serta pengabdian
7.Manusia dan kegelisahan
8.Manusia dan harapan

0 komentar:

Poskan Komentar