BAB II
PEMBAHASAN
1.
Konsep
Pemasaran
Untuk
memasarkan produk sebuah perusahaan diperlukan konsep pemasaran, ide untuk
mengidentifikasikan kebutuhan konsumen sebelum memproduksi barang atau jasa
yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Konsep pemasaran berorientasi
menciptakan rasa senang pada pihak konsumen dengan menawarkan nilai produk,
barang atau jasa, yang mereka butuhkan.
Konsep
pemasaran diaplikasikan oleh perusahaan, khususnya oleh bagian pemasaran.
Karena bagian ini yang berfungsi untuk menaksir jumlah permintaan produk
perusahaan, meningkatkan permintaan, dan melayaninya.
Konsep
pemasaran harus berorientasi pada kebutuhan konsumen. Misalnya, menawarkan
pemanas ruangan di negara tropis merupakan konsep pemasaran yang tidak tepat.
Produk tersebut seharusnya ditawarkan di negara berudara dingin. Karena itu,
sebelum memproduksi suatu produk perusahaan perlu terlebih dahulu
mengidentifikasikan orang orang yang paling mungkin untuk membeli produk yang
ditawarkan. Selain berorientasi pada kebutuhan konsumen, konsep pemasaran
berorientasi pada pencapaian laba yang ditargetkan sebagai tujuan perusahaan.
Sekelompok
konsumen dan/atau lembaga yang memerlukan dan mampu serta berwenang untuk
membeli suatu produk disebut pasar. Pasar diklasifisikan dalam dua kelompok,
pasar konsumen dan pasar industri. Orang-orang yang membeli suatu produk untuk
konsumsi disebut pasar konsumen, dan konsumen yang membeli suatu produk untuk
diproses menjadi produk tertentu dengan tujuan mendapatkan laba disebut pasar
industri.
Pemasaran
yang efektif didasarkan atas tiga elemen pokok: falsafah pemasaran, segmentasi
pasar, dan prilaku konsumen. Perusahaan baru harus memadukan ketiga unsur
tersebut dalam pengembangan tahapan cara yang dapat ditempuh untuk memasarkan
produk perusahaan.
2.
Segmentasi
pasar
Segmentasi pasar adalah salah
satu elemen penting dalam strategi pemasaran yang
akan anda lakukan (bahkan terlalu penting) . Baiklah, akan saya
terangkan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami apa itu
segmentasi pasar. Menurut Hermawan Kertajaya, pengertian segmentasi
pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif.
Anda masih bingung dengan pengertian segmentasi pasar diatas? Begini,
salah satu efek apabila anda tidak mengetahui siapa segmentasi pasar
yang tepat bagi produk anda adalah apa yang akan anda lakukan dan berapa
biaya pemasaran yang sudah dikeluarkan akan menjadi sia-sia belaka.
Walaupun produk anda unik dan bernilai.
Contoh paling gampang segmentasi pasar adalah anda jualan mobil BMW
(product) dengan harga 750 juta (price) kemudian anda jual ke pengemis
(targeting & segmentation). Walaupun BMW tersebut sudah anda diskon
gila-gilaan sampai 75% (promotion), si pengemis tidak akan membeli.
Kenapa? Karena itu bukan kebutuhan dia. Beda
kalau anda jual ke
segmentasi pasar pecinta mobil mewah, akan
lain hasilnya. Hal itu juga
sama saja dengan anda jual daging ayam ke
segmentasi pasar orang yang
vegetarian atau anda jual sirip ikan hiu ke
pasar tradisional yang belum
tentu orang yang suka makan seafood dan yang
berkantong tebal datang ke
tempat tersebut.
Hasilnya pasti nol besar, walaupun harga
sudah anda turunkan mati-matian
sampai ngos-ngosan. Perilaku konsumen-nya
berbeda. Lalu bagaimana cara
mengetahui segmentasi pasar? Lakukan riset
pasar! Setelah anda
mengetahui siapa target pasar anda, anda akan
lebih mudah melakukan
penawaran produk anda.
Ketika
keputusan untuk mengawali suatu perusahaan telah ditetapkan, diperlukan
informasi pasar yang cukup untuk memahami struktur dasar pasar. Pada umumnya
pasar terdiri dari orang-orang yang mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda.
Segmentasi pasar adalah proses identifikasi ciri khas yang membedakan suatu
kelompok konsumen dengan kelompok konsumen yang lain. Misalnya, meskipun banyak
orang yang makan es krim, pasar untuk es krim dapat disegmentasikan berdasarkan
rasa dan harga. Ada sementara orang yang lebih menyukai es krim berkualitas
tinggi yang dibuat dengan gula asli dan krim karena rasanya: adapula orang yang
tidak dapat membedakan kualitas, mereka menilai es krim semata berdasarkan
rasanya.
Segmentasi
pasar meliputi empat variabel sebagai berikut:
· Harga
produk atau jasa.
· Kualitas
dan ciri produk atau jasa.
· Teknik
promosi yang digunakan untuk produk dan jasa.
· Metode
distribusi produk atau jasa.
Untuk
mengetahui cara menerapkan keempat variabel segmen pasar tersebut, dapat diasumsikan bahwa pasar konsumen dapat
dibagi menjadi empat kelompok pasar sebagai berikut:
· Orang
yang lebih mengutamakan harga.
· Orang
yang lebih mengutamakan kualitas.
· Orang
yang lebih mengutamakan kemewahan.
· Orang
yang lebih mengutamakan pelayanan.
Setelah
keinginan konsumen diketahui, diperrlukan identifikasi untuk mengetahui
konsumen potensial untuk suatu produk melalui segmentasi pasar.
Segmentasi
pasar dibedakan dalam lima bentuk dasar: demografis, geografis, psikografis,
manfaat, dan volume. Rincian segmentasi disajikan dalam gambar 13-1 sebagai
berikut:
Gambar 13-1
Bentuk
Segmentasi Pasar
Bentuk Ciri umum
Segmentasi
demografis Umur,
pendidikan, jenis kelamin, kelas sosial, ras,jumlah
Anggota
keluarga
Segmentasi
geografis Lokasi regional
(misalnya, jakarta, bandung, semarang,
Yogyakarta,
medan, makassar) kepadatan penduduk
(kota,pinggiran
kota, pedesaan): ukuran kota atau desa,
iklim
Pentingnya segmentasi pasar
Pengertian segmentasi pasar sebagai suatu strategi perusahaan tidaklah semata dilakukan dengan cara membedakan produk atau bahkan menciptakan produk baru (product diversification), tetapi didasarkan atas atas perbedaan minat dan kebutuhan konsumen. Segmentasi pasar adalah pembagian suatu pasar yang heterogen kedalam satuan-satuan pembeli yang homogen, dimana kepada setiap satuan pembeli yang homogen tersebut dijadikan sasaran pasar yang dicapai dengan marketing mix tersendiri. Dengan demikian yang semula pasarnya satu dan luas,kemudian dibagi-bagi atau disegmentasi oleh pemasar menjadi beberapa bagian pasar yang sifatnya homogen. Homogenitas pasar tersebut dicari dan ditentukan sendiri oleh pihak pemasar.
Mengingat luasnya pasar, maka kegiatan segmentasi pasar harus dilakukan dengan maksud dan tujuan sebagai berikut:
Pasar lebih mudah dibedakan
Setiap produk yang dihasilkan adalah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Agar produk tersebut dapat diterima tentunya haruslah sesuai dengan selera konsumen. Sedangkan dilain pihak dengan keadaan pasar yang heterogen dan selera konsumen yang selalu berkembang tentunya sulit untuk dapat diikuti oleh perusahaan secara terus menerus. Dalam hal ini perusahaan akan cenderung mencari sekelompok konsumen yang sifatnya homogen sehingga lebih mudah untuk memahami selera konsumen. Dengan demikian pasar lebih mudah dibedakan dengan kelompok pasar yang lain.
Pelayanan kepada pembeli menjadi lebih baikØ
Dalam memenuhi kebutuhannya konsumen selalu menginginkan empat hal penting yaitu kualitas barang yang bagus, harga yang terjangkau serta pelayanan yang baik dan memuaskan serta ketepatan waktu. Dari keempat hal tersebut yang sangat dominan adalah perihal pelayanan. Banyak konsumen lari ketempat lain karena masalah pelayanan. Harga dan kualitas kadang menjadi nomor dua dibanding pelayanan. Menyadari hal tersebut maka segmentaasi pasar harus dilakukan agar dapat memberikan
pelayanan yang mengarah kepada pasarnya. Bentuk pelayanan yng diberikan oleh perusahaan adalah menyediakan tempat parkir yang luas dan gratis. Pelayanan ini juga dimaksudkan untuk menarik perhatian konsumen
Strategi pemasaran menjadi lebih mengarahØ
Mengingat luas dan beragamnya pasar konsumen, maka akan sulit untuk melayani semua konsumen yang sangat heterogen tersebut. Maka dengan melayani konsumen yang sifatnya homogen maka strategi pemasaran yang direncanakan dapat lebih mengarah dalam menyusun marketing mix yang meliputi perencanaan produk, harga, distribusi dan promosinya sehingga menjadi lebih tajam
Disamping itu dengan melakukan segmentasi pasar maka dapat membantu pihak manajemen dalam hal mengarahkan dana dan usaha kearah pasar potensial yang paling menguntungkan karena sasaran pasarnya jelas, serta dapat merencanakan produk yang dapat memenuhi permintaan pasar beserta cara- cara promosi yang paling tepat bagi perusahaan. Pada gambar berikut perusahaan membagi segmen dalam dua kategori yakni produk yang ditujukan untuk segmen 19 – 50 tahun,dan produk untuk segmen 51 tahun keatas. Hal ini dilakukan agar produk tersebut dapat lebih mengarah kepada kelompok konsumen tertentu
Pengertian segmentasi pasar sebagai suatu strategi perusahaan tidaklah semata dilakukan dengan cara membedakan produk atau bahkan menciptakan produk baru (product diversification), tetapi didasarkan atas atas perbedaan minat dan kebutuhan konsumen. Segmentasi pasar adalah pembagian suatu pasar yang heterogen kedalam satuan-satuan pembeli yang homogen, dimana kepada setiap satuan pembeli yang homogen tersebut dijadikan sasaran pasar yang dicapai dengan marketing mix tersendiri. Dengan demikian yang semula pasarnya satu dan luas,kemudian dibagi-bagi atau disegmentasi oleh pemasar menjadi beberapa bagian pasar yang sifatnya homogen. Homogenitas pasar tersebut dicari dan ditentukan sendiri oleh pihak pemasar.
Mengingat luasnya pasar, maka kegiatan segmentasi pasar harus dilakukan dengan maksud dan tujuan sebagai berikut:
Pasar lebih mudah dibedakan
Setiap produk yang dihasilkan adalah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Agar produk tersebut dapat diterima tentunya haruslah sesuai dengan selera konsumen. Sedangkan dilain pihak dengan keadaan pasar yang heterogen dan selera konsumen yang selalu berkembang tentunya sulit untuk dapat diikuti oleh perusahaan secara terus menerus. Dalam hal ini perusahaan akan cenderung mencari sekelompok konsumen yang sifatnya homogen sehingga lebih mudah untuk memahami selera konsumen. Dengan demikian pasar lebih mudah dibedakan dengan kelompok pasar yang lain.
Pelayanan kepada pembeli menjadi lebih baikØ
Dalam memenuhi kebutuhannya konsumen selalu menginginkan empat hal penting yaitu kualitas barang yang bagus, harga yang terjangkau serta pelayanan yang baik dan memuaskan serta ketepatan waktu. Dari keempat hal tersebut yang sangat dominan adalah perihal pelayanan. Banyak konsumen lari ketempat lain karena masalah pelayanan. Harga dan kualitas kadang menjadi nomor dua dibanding pelayanan. Menyadari hal tersebut maka segmentaasi pasar harus dilakukan agar dapat memberikan
pelayanan yang mengarah kepada pasarnya. Bentuk pelayanan yng diberikan oleh perusahaan adalah menyediakan tempat parkir yang luas dan gratis. Pelayanan ini juga dimaksudkan untuk menarik perhatian konsumen
Strategi pemasaran menjadi lebih mengarahØ
Mengingat luas dan beragamnya pasar konsumen, maka akan sulit untuk melayani semua konsumen yang sangat heterogen tersebut. Maka dengan melayani konsumen yang sifatnya homogen maka strategi pemasaran yang direncanakan dapat lebih mengarah dalam menyusun marketing mix yang meliputi perencanaan produk, harga, distribusi dan promosinya sehingga menjadi lebih tajam
Disamping itu dengan melakukan segmentasi pasar maka dapat membantu pihak manajemen dalam hal mengarahkan dana dan usaha kearah pasar potensial yang paling menguntungkan karena sasaran pasarnya jelas, serta dapat merencanakan produk yang dapat memenuhi permintaan pasar beserta cara- cara promosi yang paling tepat bagi perusahaan. Pada gambar berikut perusahaan membagi segmen dalam dua kategori yakni produk yang ditujukan untuk segmen 19 – 50 tahun,dan produk untuk segmen 51 tahun keatas. Hal ini dilakukan agar produk tersebut dapat lebih mengarah kepada kelompok konsumen tertentu
BAB III
PENUTUP
B.
Saran
Penulis menyadari bahwa makalah yang disusun ini masih
terdapat banyak kekurangan, oleh karena itu keritik, saran, dan masukan yang
sifatnya membangun sangatlah kami harapkan untuk baiknya makalah ini ke
depannya.
MAKALAH
“Konsep
Pemasaran”
Mata Kuliah
Kewirausahaan
Disusun Oleh
:
M.khariska
Nurul
Niki
Dosen
Pembimbing : Idwal
FAKULTAS/JURUSAN
EKONOMI ISLAM
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI
BENGKULU
2013
1 komentar:
maaf, boleh tau referensinya apa ?
Posting Komentar